• (0766)700-810

Tingkatkan Kewaspadaan RSUD Bengkalis Gelar Pelatihan APAR

admin01
07 Agustus 2020
11:06
12 Kali Dibaca
Tingkatkan Kewaspadaan RSUD Bengkalis Gelar Pelatihan APAR

Penting untuk dilakukannya pemantauan, pemeliharaan, dan perbaikan bila terjadi kerusakan pada fisik bangunan Rumah Sakit termasuk di dalamnya instalasi listrik, air, ventilasi, gas, dan sistem lain dipandu oleh kebijakan dan prosedur, dan dilakukan oleh petugas yang kompeten. 

Untuk memenuhi hal ini RSUD Bengkalis melakukan Pelatihan Penanggulangan Dini dan Stimulasi Alat Pemadam Api Ringan (APAR) untuk seluruh karyawan Rumah Sakit. Pelatihan yang diikuti hampir 100 orang peserta tersebut dilakukan setiap tahunnya secara bertahap.

Pelatihan APAR 1

pelatihan APAR 2

Pelatihan ini bekerja sama dengan Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bengkalis, di pimpin langsung oleh Kasi Pengembangan Kebakaran H. Toto Sudinarko, S.Sos, MH dan Kasi Pencegahan dan Penyuluhan Kebakaran Heri Sandra,S.Pi, M.Si beserta tim DAMKAR yang melakukan simulasi.

Kepala Dinas DAMKAR Kab. Bengkalis Bapak Syafrizan, S.Si,MT,M.Sc menyampaikan bahwa setiap SKPD telah diberikan tabung Alat Pemadam Api Ringan (APAR) diharapkan para peserta setelah memperoleh pengetahuan tata cara pemadaman dan penggunaan tabung APAR mampu/bisa mengoperasikan alat tersebut dengan baik dan benar serta himbauan kepada seluruh SKPD agar memelihara tabung tersebut setiap tahunnya dengan melakukan pengecekan serta pengisian ulang agar alat tersebut berfungsi dengan baik.

Dalam pelatihan dan simulasi pemadaman kebakaran yang dilaksanakan pada hari Rabu dan Kamis, tanggal 05 dan 06 Agustus 2020 terlihat nampak antusias para peserta dalam menerima materi yang disampaikan oleh para instruktur dari Dinas DAMKAR Kab. Bengkalis. Selain materi pengetahuan tentang kebakaran dan cara penanggulangannya para peserta diwajibkan melakukan simulasi pemadaman kebakaran baik dengan cara tradisional menggunakan karung/kain basah dan cara modern dengan menggunakan tabung APAR secara bergantian.